Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 01 Februari 2017

rumah adat rumah gapura candi bentar


 rumah adat rumah gapura candi bentar



Bali, selain dikenal memiliki eksotisme alam yang luar biasa, juga telah diakui banyak kalangan sebagai provinsi yang memiliki banyak keunikan budaya. Masyarakat Bali secara umum dianggap mampu mempertahankan budaya yang telah diwariskan nenek moyang mereka meski telah berpuluh-puluh tahun digempur dengan masuknya banyak orang asing –terutama wisatawan yang datang dengan membawa budaya-budaya baru. Salah satu bentuk lestarinya budaya asli Bali dapat kita lihat dari adanya desain rumah adat yang sangat familiar dan hampir digunakan semua penduduk Bali, yakni rumah adat bernama Gapura Candi Bentar yang kini juga telah resmi menjadi rumah adat Bali. 

Rumah adat satu ini adalah cerminan dari budaya Bali yang sarat akan nilai-nilai Hindu. Beragam keunikan dari sisi arsitekturnya maupun dari makna filosofis yang terkandung di dalamnya menjadikan rumah adat Bali ini begitu menarik untuk diketahui lebih detail. Nah, di artikel kali ini kami akan mengulas keunikan-keunikan dari rumah adat bernama Rumah Gapura Candi Benta

Istilah “Gapura Candi Bentar” sendiri sejatinya merujuk pada bangunan gapura yang menjadi gerbang pada rumah-rumah tradisional Bali. Gapura tersebut terdiri dari dua buah candi serupa dan sebangun, tetapi merupakan simetri cermin, yang membatasi sisi kiri dan kanan pintu masuk ke pekarangan rumah. Gapura tersebut tidak memiliki atap penghubung pada bagian atas, sehingga kedua sisinya terpisah sempurna, dan hanya terhubung dibagian dalam oleh anak-anak tangga yang menjadi jalan masuk.


Dalam sebuah rumah ada Bali terdapat beberapa tempat suci yang digunakan untuk keperluan ibadah serta berbagai keperluan lainnya. Rumah adat Bali memiliki nilai-nilai yang dikenal dengan istilah Asta Kosala Kosali. Filosofi ini mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.




Sumber: http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/10/rumah-adat-bali-gapura-candi-bentar.html

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/961/gapura-candi-bentar
http://www.yukpiknik.com/budaya/rumah-adat-bali/

Tidak ada komentar: